Hal kecil yang membuat orang tua mu sedih


    Dengan usia yang masih muda, setiap anak pasti berkeinginan untuk membahagiakan orangtuanya. Tapi saat kamu mengejar keinginan untuk membahagiakan mereka ini, tanpa kamu sadari kamu telah menyakiti hati mereka. Itu karena kamu sering melakukan hal-hal sepele ini.

    Hal kecil yang membuat orang tua mu sedih
    Hal kecil yang membuat orang tua mu sedih

     1. Kamu jarang menelpon orang tuamu

    Di kala kamu sedang sibuk mengejar kuliah atau karirmu, kamu lupa untuk mengabari orangtuamu. Padahal yang dinginkan mereka hanya sederhana, mendengarkan suaramu dan yakin kalau kamu baik-baik saja. Cukup tiga sampai lima menit saja, itu sudah membuat mereka bahagia.

    2. Ketika mereka meminta tolong, kamu menjawab "nanti"

    Memang kamu sedang bekerja untuk masa depanmu, tapi jangan lupakan juga orangtuamu. Mereka sudah tidak sekuat dirimu. Jangan hiraukan mereka ketika mereka butuh bantuan. Sekecil apapun bantuanmu, itu sudah sangat berarti untuk mereka.

    3. Jarang mengucapkan selamat pagi atau sekedar menyapa kepada mereka

    Tinggal serumah atau tidak, jangan lupa untuk mengucapkan selamat pagi ke orangtuamu sebelum kamu beraktivitas. Meski ini hanya ucapan sederhana, tapi cukup memberikan kebahagiaan bagi mereka.

    4. Bahkan kamu jarang menikmati masakan mereka

    Lebih parah lagi kalau kamu jarang makan bersama. Sesibuk apapun kamu, sempatkan waktu untuk duduk dan makan bersama keluargamu. Dengan keberadaan kamu yang bersama mereka, itu membahagiakan. Karena mereka percaya kalau kamu selalu ada sampai di usia tuanya.

    5. Saat pulang kuliah atau kerja kamu hanya menonton televisi

    Seenggak-enggaknya yang perlu kamu lakukan adalah duduk dan bercerita kepada mereka tentang keseharianmu. Bukan, ini bukan tindakan egois. Orangtua manapun pasti bahagia mendengarkan cerita anaknya. Dengan begitu, mereka merasa dilibatkan dalam kehidupan anaknya.

    6. Seberapa sering kamu menanyakan "Sudah makan, Pa?", "Sudah makan, Ma?"

    Sepele bukan satu ini? Hal ini karena merupakan salah satu bentuk kegiatan sehari-hari mereka. karena itu, kamu tidak pernah sadar mereka sudah makan atau belum. Padahal kalau kamu menyempatkan waktu untuk menanyakan, mereka bahagia lho.

    7. Malas membereskan pekerjaan rumah

    Sibuk dengan pekerjaan ataupun kuliah? Tinggalkan sebentar untuk membantu orangtuamu membersihkan rumah. Sebenarnya mereka berharap kamu membantunya, tapi mereka tidak mengungkapkannya karena tahu kamu sibuk.

    8. Secara tidak sadar membentak mereka

    Memang sebagai anak muda, kamu sering dibawa oleh emosi yang labil. Dengan emosi yang seperti ini, tanpa kamu sadari kamu membentak orangtuamu ketika ada hal-hal yang tak sesuai dengan keinginanmu.

    9. Jarang jalan bersama mereka, kamu lebih memilih pergi bersama teman

    Sebagai anak muda, memang nongkrong bersama teman masih menjadi top priority-mu. Tapi tanpa kamu sadari, kamu melewati family time dimana waktumu menjadi akrab dengan orangtua. Sebenarnya, orangtuamu sedih karena kamu selalu tidak bisa berkumpul. Tapi mereka diam saja karena ingin kamu menikmati masa mudamu.

    10. Lupa mengucapkan selamat ulang tahun kepada mereka

    Gawat kalau yang ini. Masa ulang tahun teman jauh lebih ingat daripada ulang tahun orangtuamu? Meski hanya mendiamkan, sebenarnya orangtuamu sangat sedih lho. Dia melihat anak yang dibesarkannya dengan penuh kasih sayang, ternyata tidak mempunyai perhatian yang sama dengannya.
    Mulailah lebih peka untuk menghargai orangtua yang tercinta. Selagi sempat, bahagiakanlah mereka, kita tidak akan pernah tahu berapa lama waktu yang kita punya. Semoga menjadi renungan bagi kita semua sebagai seorang anak, dan semoga membuat kita semakin berbakti kepada orang tua.
    Advertisement